www.sanggaryudistira.blogspot.com melayani jasa pembuatan wayang golek, topeng, patung, dan sebagainya, dengan harga yang paling murah dan hasil yang berkualitas. Jika anda ingin buat wayang golek, topeng, patung, atau pun kerajinaan tangan lainnya yang terbuat dari kayu maka tidak salah lagi, di sinilah tempatnya.

kami melayani pemesanan untuk partai besar ataupun kecil.


Rabu, 25 Desember 2013

sanggaryudistira.blogspot.com : Sang Hyang Adhama
Sang Hyang Adhama

Bercerita kembali pada kisah pewayangan, dan yang akan kita ulas kali ini adalah mengenai Sang Hyang Adhama.

Tahukah anda bahwa leluhur kita Nabi Adam ternyata terdapat juga kisahnya dalam dunia pewayangan kita. Identas Nabi Adam dalam dunia wayang Indonesia adalah Sang Hyang Adhama.

Kisah Nabi Adam dalam dunia wayang Jawa disusun oleh R. Ag. Ronggowarsito dalam Serat Paramayoga. Serat Paramayoga ini diambil dari berbagai macam kitab dan diurutkan berdasarkan waktu kejadian.

Kisah dimulai dari Adam dan Hawa hingga nabi-nabi, setelah itu pararel dengan kisah para dewa hingga masuknya manusia pertama ke Tanah Jawa. Kitab Paramayoga menceritakan perjalanan hidup Nabi Adam, sampai dengan keturunan para dewa, dan selanjutnya sampai dengan awal mula tanah Jawa ditinggali oleh manusia.

Cerita dibuka sesuai yg ada di kitab Jitapsara, Nabi Adam atau Sang Hyang Adhama setelah mendapat pengampunan dari Tuhan Yang Maha Kuasa, lalu menjadi khalifah di negara Kusniyamalebari merajai hewan-hewan.

Yang dimakan hanya yang keluar dari mujizat dan dalam kitab Jitapsara disebutkan berasal dari berdoa. Negara Kusniyamalebari ada di tanah Asia sebelah barat laut, di sebelah barat laut Kaspai, sebelah selatan gunung Kaukasus, timur laut Turki Asia yg dimasa akan datang disebut bangsa Eropa tanah Transkaokasi. Di sana Nabi Adam menggunakan perhitungan tahun 2 macam : tahun Matahari dan tahun Bulan.

sekian dulu sob kisahnya, lain kali disambung lagi...!!

Sumber : http://pustakadigitalindonesia.blogspot.com/2012/09/sang-hyang-ad-hama-kisah-nabi-adam-di.html

Dan jangan lupa bagi anda yang mau buat wayang golek atau kerajinan lainnya yang terbuat dari kayu di sinilah tempatnya...!!!

0 komentar:

Posting Komentar